Postman, software untuk pengujian API

API yang kita buat atau yang disediakan oleh pihak ketiga terkadang mempunyai Http method yang bermacam-macam. Jika method tersebut berupa GET, kita bisa mengujinya langsung lewat web browser. Tapi bagaimana dengan method lainnya?

Selain masalah method, pengujian yang tidak bisa dilakukan di web browser adalah ketika API mengharuskan kita untuk menambahkan parameter di header. Solusi dari semua masalah tersebut adalah Postman.

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa Anda gunakan :

1. Http Method yang lengkap

Tidak seperti di web browser biasa, dengan menggunakan Postman kita dapat menggunakan berbagai macam http method.

2.Parameter dalam Header

Jika memerlukan parameter tambahan yang perlu dimasukkan ke dalam header, Postman telah menyediakan fiturnya. Masuk ke tab Headers lalu tambahkan key dan value.

3.File dalam parameter body

Fitur ini cukup membantu sekali ketika Anda ingin menguji api untuk registrasi misalnya, yang membutuhkan foto pengguna untuk disimpan di server.

4. History

Request yang telah kita kirimkan akan ditrack oleh Postman dan akan masuk ke dalam history. Dengan adanya fitur ini kita dapat memanggil kembali request yang pernah kita lakukan sebelumnya, jadi kita tidak perlu menuliskan ulang.

5. Share request atau collection

Yang keren lagi dari Postman adalah kita bisa membagikan request yang kita buat kepada orang lain ataupun kesebuah tim. Request-request yang telah dibuat juga bisa dikumpulkan menjadi satu ke dalam sebuah collection agar lebih rapi.

 

Itulah beberapa fitur dari Postman yang menurut saya cukup membantu sekali dalam pengujian API. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silahkan kunjungi website resminya diĀ https://www.getpostman.com