Mengganti nama aplikasi | Android manifest

Pada waktu awal ketika kita membuat sebuah aplikasi android, diberikan form untuk mengisi beberapa keterangan tentang aplikasi yang kita buat. Salah satunya adalah nama aplikasi. Tapi bagaimana jika ditengah-tengah pengerjaan aplikasi, kita ingin mengganti nama aplikasi yang kita buat? Seperti apa caranya, simak lebih lanjut

 

Biasanya seorang developer pemula, ketika membuat sebuah aplikasi android, belum ada perencaan yang matang sebelumnya. Jadi, ketika ide datang, langsung saja pengen koding dan nama aplikasi yang diberikan tentunya sesuai ide yang terlintas saat itu. Nah setelah aplikasi jadi, koq rasa-rasanya namanya kurang cocok ya, terus gimana cara gantinya nih?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, kita harus menemukan beberapa file didalam projek android. Yang pertama adalah AndroidManifest.xml. File ini berisi tentang informasi aplikasi yang dibuat. Salah satunya tentang nama aplikasi. Terlihat seperti gambar dibawah.

 

AndroidManifest.xml
AndroidManifest.xml

 

File yang kedua adalah file yang menyimpan nama aplikasi android. Di AndroidManifest.xml seperti terlihat diatas, android:label=”@string/app_name” itu menuju pada sebuah file bernama strings.xml yang berada pada folder res>values>string.xml.

 

Strings.xml
Strings.xml

 

Sebenernya bisa secara langsung menuliskan nama aplikasi di AndroidManifest.xml seperti android:label=”Aplikasi Wisata” , namun hal ini sangatlah tidak dianjurkan, karena jika aplikasi sudah berkembang menjadi besar, bisa saja pemakaian android:label dipanggil atau digunakan beberapa kali, sehingga jika kita ingin melakukan perubahan, maka kita harus mengganti satu-satu dan itu akan memakan waktu dan juga susah untuk mengontrolnya.

 

Lalu cara terbaiknya yaitu dengan mengganti nama aplikasi pada file strings.xml, lebih tepatnya pada bagian <string name=”app_name”> Nama Aplikasi </string>

 

Gampang kan? Sekian dulu yak tutorial kali ini, jika ada pertanyaan yang bersangkutan dengan tutorial kali ini bisa komen dibawah. Dan jika terdapat kendala dalam koding, bisa email ke :

email : hendrawanadiwijaya@gmail.com

subject : andevindo_bantuan

Terima kasih.