Heidi SQL | Alternatif phpMyAdmin | Remote Database

Jika Anda pernah menggunakan xampp, pasti Anda tahu tentang phpMyAdmin. Sebuah software gratis yang digunakan untuk mengelola database. phpMyAdmin ini cukup mudah digunakan terutama untuk pemula, karena beberapa aksi/tindakan dapat dilakukan melalui user interface, jadi tidak mengharuskan menggunakan kode SQL. Tapi apakah ada alternatif lain yang cukup mudah dibanding phpMyAdmin?

Jawabannya tentu saja ada. Salah satu alternatif yang menurut saya cukup bagus adalah Heidi SQL. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Heidi SQL ini perlu dipertimbangkan sebagai alternatif phpMyAdmin.

1. Gratis dan Open Source

Seperti phpMyAdmin, untuk menggunakan software ini tidak dipungut biaya sama sekali. Namun jika Anda ingin berdonasi untuk pengembangan software ini, bisa dilakukan di website resminya https://www.heidisql.com. Selain itu jika Anda ingin ikut berpartisipasi mengembangkan software ini secara teknis, Anda bisa kunjungi website githubnya https://github.com/HeidiSQL/HeidiSQL.

2. Remote database yang cukup mudah

Dari yang saya tahu, phpMyAdmin bisa juga digunakan untuk remote database. Namun cara menambahkan atau mengganti ip servernya harus mengedit file config.inc.php. Berbeda dengan HeidiSQL, untuk menambahkan sebuah pengaturan koneksi ke server, bisa dilakukan lewat user interface dari Heidi.

3. Operasi SQL yang bisa dilakukan lewat interface

Sama halnya dengan phpMyAdmin, beberapa operasi SQL bisa dilakukan lewat user interfacenya. Namun jika lebih leluasa menggunakan kode SQL, heidi juga memberikan fasilitas operasi menggunakan kode.

4. Transfer database langsung ke server lain

Fitur ini cukup mempersingkat waktu ketika kita ingin memindahkan database dari satu server ke server lainnya.

 

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan mengenai HeidiSQL. Jika Anda ingin mencobanya bisa diunduh di https://www.heidisql.com/download.php