Clash of Clans | Game wajib buat pecinta mmo strategi

Clash of Clans adalah sebuah game mobile yang cocok banget dimainin oleh pecinta game MMO Strategi. Emang game jaman sekarang, yang menarik itu ya game MMO, yang jelas gak bakal bosan, karena bisa berinteraksi dengan gamer lainnya, gitu sih pendapat ane hehe. Seperti apa sih game Clash of Clans ini? Mari disimak lebih lanjut.

Sejarah Clash of Clans

Sekilas dulu tentang awal lahirnya game yang telah terdownload lebih dari 100 juta download di play store ini. Game ini awal release pada tahun 2012, tepatnya tanggal 2 Agustus untuk versi iOS. Kemudian disusul versi android pada tanggal 7 Oktober 2013. Game ini dikembangkan dan diterbitkan sendiri oleh Supercell, sebuah perusahaan pengembangan aplikasi mobile yang berada di Helsinki, Finland.

Cara maen

Cara maennya gampang koq, bikin pasukan, cari musuh, rampok hasil tambangnya, lalu kita gunakan untuk membeli ataupun meng-upgrade bangunan dan juga untuk membuat pasukan lagi. Keliatannya bakal cepet bosen ya? Tunggu dulu, jangan langsung ambil kesimpulan. Untuk membuat sebuah batalion pasukan, membutuhkan strategi dalam mempertimbangkan Elixir yang kita miliki. Dalam mencari musuh, membertimbangkan pasukan yang telah kita buat dengan keadaan base musuh dan hasil rampokan yang bisa kita dapat. Mulai kelihatan seru ya? Pada awalnya cara maen Clash of Clans hanya seperti itu saja, lalu Supercell mengembangkan lebih lanjut game ini, dan melahirkan fitur baru yaitu Clan Wars.

Clan Wars
Clan Wars

Clan Wars ini memungkinkan sebuah clan bertanding dengan clan lain. Seorang pemimpin dari sebuah Clan yang disebut Leader, harus mempunyai strategi yang jitu untuk menjatuhkan clan lawan. Dengan mempertimbangkan kondisi base anggotanya dan kondisi base musuh, serta keadaan pasukan dari anggotanya, seorang Leader bertanggung jawab, menentukan base musuh mana yang layak untuk diserang oleh salah satu anggotanya agar mendapatkan poin penuh(3 Stars). Masing-masing anggota termasuk leader, dapat meminta bantuan pasukan dari anggota clan lainnya sejumlah kapasitas dari Clan Castle yang dimilikinya.

 

Bangunan

Town Hall
Town Hall

Bangunan utama dari game ini adalah Town Hall. Karena dari Town Hall ini, menentukan kualitas maksimal dari bangunan lainnya dan pasukan. Dan kebanyakan orang, biasanya bertanya “Town Hall berapa?”, “Udah TH berapa?”, “THnya level berapa?”, dari situ bisa dilihat status dari base kita, walaupun sebenarnya tidak bisa dijadikan patokan, bahwa base kita berkualitas bagus atau tidak dari level suatu Town Hall. Selain Town Hall, ada juga Builder’s Hut. Bangunan ini adalah sebuah tempat peristirahatan dari Builder. Builder adalah tukang yang tugasnya membangun dan mengembangkan bangunan kita. Semakin banyak Builder’s Hut yang dimiliki, akan semakin cepat dalam perkembangan base kita. Dan masih banyak lagi bangunan yang tersedia di game ini. Selengkapnya bisa dilihat di:
http://clashofclans.wikia.com/wiki/Buildings

 

Pasukan

Troops
Troops

Pasukan/Army dari game ini sangat berkarakter sekali. Selain dari bentuk karakternya yang unik juga dari keahlian atau keunggulan dari masing-masing karakter. Seperti Giant, yang mempunyai tubuh besar dan mempunyai Hit Point/Nyawa yang besar pula, sehingga sering dijadikan pasukan TB (Tahan Banting) yang maju digaris depan untuk menahan serangan dari Archer Tower atau Canon musuh. Selain itu ada juga yang mempunyai keahlian merampok hasil tambang, karakter ini disebut Goblin. Dengan tubuhnya yang kecil dan mempunyai serangan kusus terhadap hasil tambang lawan, karakter ini sering digunakan untuk merampok Gold maupun Elixir musuh. Dan masih banyak lagi karakter-karakter yang unik yang ada di game ini. Selengkapnya bisa dilihat di:

http://clashofclans.wikia.com/wiki/Troops

 

Nah mungkin itu dulu sekilas tentang game mobile seru ini. Pastikan download dan mainkan gamenya, dijamin gak bakal kecewa.

 

Sumber: