14
Jul
2017

Cara mendapatkan SHA-1 Fingerprint lewat Android Studio

SHA-1 Fingerprint sering kali digunakan dalam pembuatan credentials dari API yang disediakan oleh google, seperti Google Sign In, Google Maps dan masih banyak lainnya.

SHA-1 Fingerprint ini digunakan untuk membatasi penggunaan API hanya untuk aplikasi yang mempunyai SHA-1 Fingerprint ini saja. Fingerprint ini unik setiap key yang digunakan oleh aplikasi. Keynya sendiri ada yang debug key dan release key.

Sebelumnya saya pernah membuat sebuah tulisan tentang SHA-1 Fingerprint jg namun cara mendapatkannya lewat adb. Selengkapnya bisa dilihat di SHA-1 Fingerprint dengan adb.

Untuk tutorial kali ini tools yang saya gunakan

  1. Android Studio 2.3.3
  2. Gradle 2.3.0

Untuk cara mendapatkannya cukup mudah, yaitu :

  1. Buka Android Studio
  2. Buka gradle projects,
    Letaknya dibagian kanan Android Studio
  3. Buka signingReport file,
    Letaknya ada di NamaProyek(root)->Tasks->android->signingReport (Klik dua kali untuk membukanya)
  4. Buka run window dibagian bawah android studio dan check toggle tasks

Cukup mudah bukan? Sekian untuk tutorial kali ini, jika ada yang mengalami kesulitan atau sekedar ingin bertanya, silahkan tuliskan dikomentar. Terima kasih. Happy coding.

 

Share

Hendrawan Adi Wijaya

Halo, perkenalkan nama saya Hendrawan Adi Wijaya, atau biasa dipanggil Hendra. Saya adalah seorang Full Stack Developer. Skill utama saya di pengembangan aplikasi android native menggunakan java atau kotlin. Blog Andevindo ini saya buat sebagai sarana saya membagikan ilmu yang sudah saya dapat dan juga sebagai sarana bertukan pikiran dengan para pembaca.

You may also like...