Buat Domain Sendiri di Localhost | XAMPP

Bagi para developer yang sering membuat aplikasi yang berhubungan dengan database online, biasanya sering menggunakan virtual host dalam membantu pembuatannya. Karena lebih cepat dan tidak membutuhkan koneksi internet, sehingga membuat software seperti XAMPP dan WAMP menjadi populer dikalangan developer tersebut.

Ketika kita akan mengakses sebuah situs yang ingin kita coba dilocalhost, biasanya kita harus menggunakan awalan localhost/ pada urlnya, lalu diikuti dengan nama folder yang ada difolder htdocs. Memang tidak ada masalah dengan hal itu, namun apa salahnya kita membuat nama domain dilokal benar-benar seperti nama domain yang kita inginkan.

Ditutorial kali ini, saya akan membagikan cara untuk mengubah nama domain tersebut menjadi seperti nama domain yang kita inginkan. Dibutuhkan software XAMPP ditutorial ini, jika belum mempunyainya, bisa diunduh lewat situs berikut : https://www.apachefriends.org/index.html.

Saya anggap XAMPP sudah terunduh dan terinstall ya, jadi saya bisa langsung mulai ke pembuatan domain tersebut.

Langkah-langkahnya:

  1. Masuk kedalam folder xampp/apache/conf/extra, setelah masuk kedalam folder ini, pilih file bernama httpd-vhosts, buka dengan notepad.
  2. Tambahkan beberapa kode berikut:
    <VirtualHost *:80>
        DocumentRoot "E:/xampp/htdocs"
        ServerName localhost
    </VirtualHost>
    
    <VirtualHost *:80>
        DocumentRoot "E:/xampp/htdocs/aevist-blue-app/public"
        ServerName aevist.dev
    </VirtualHost>

    Yang atas adalah untuk membuat halaman default localhost dan yang bawah adalah domain yang ingin kita buat. DocumentRoot adalah lokasi situs difolder lokal dan ServerName adalah nama domain yang diinginkan.

  3. Setelah itu, kita membutuhkan notepad yang dibuka sebagai administrator(Klik kanan pada notepad, kemudian Run as Administrator), karena notepad ini akan kita gunakan untuk mengedit sistem di-Windows.
  4. Buka file yang berlokasikan di C:\Windows\System32\drivers\etc. Drive C: disesuaikan dengan dimana anda menginstal OS Windows anda ya. Nah setelah masuk ke dalam path tersebut, secara default, tidak akan ada apa-apa didalamnya, karena kita membukanya dengan notepad yang secara default hanya menampilkan file berformat .txt saja. Ganti saja ke All Files, kemudian pilih file bernama hosts.
  5. Setelah itu, tambahkan 2 baris kode berikut :
    127.0.0.1       localhost
    
    127.0.0.1       aevist.dev

    localhost dan aevist.dev adalah ServerName yang tadi didaftarkan ya, tinggal sesuaikan saja namanya dengan ServerName yang sebelumnya didaftarkan.
    Note : jika gagal, cobalah ganti ke dot dot, semisal aevist.dot

  6. Restart Apache, dan domain sudah bisa dipakai, mudah bukan?

Jika ada kendala dalam menerapkannya, silahkan bertanya didalam komentar. Selamat mencoba.