Date Dialog | Calendar

Jika kita ingin membuat aplikasi seperti task reminder atau aplikasi manajemen jadwal kuliah, didalam aplikasi tersebut biasanya terdapat perintah untuk memasukkan tanggal. Untungnya android sudah memberikan fitur untuk menangani perintah tersebut, namanya Date Dialog. Jadi dengan dengan Date Dialog ini, user dapat menginputkan tanggal lewat dialog yang muncul.

Kenapa menggunakan Date Dialog? Kenapa tidak dimasukkan sendiri atau ngetik sendiri pada edittext misalnya. Kalau kita menginputkan sendiri lewat edittext tanpa bantuan Date Dialog, inputan tersebut tidak seragam. Contoh, semisal kita inputkan tanggal 4 Februari 2017, mungkin orang lain bisa juga memasukkannya dengan format, 4 Feb 2017 atau 4-2-2017 dst. Oleh karena itu, dengan ada Date Dialog, user hanya perlu memilih tanggal, bulan dan tahun, nanti outputnya akan sama.

Output dari Date Dialog ini, masih dapat kita konversi terlebih dahulu sebelum ditampilkan dalam edittext atau textview. Dalam konversi ini, terserah kita mau menampilkan hasilnya seperti apa. Untuk output asli dari Date Dialog, menurut pengamatan saya adalah sebagai berikut:

  • Tahun, berupa angka, seperti 2017, 2018 dst
  • Bulan, berupa angka dimulai dari 0, jadi jika januari maka outpunya 0. Dan untuk single digit, maka tidak tambah 0 didepannya, seperti : 0, 1, 2, 3 bukan 00, 01, 02, 03 dst
  • Hari, berupa angka dimulai dari 1 dan jika single digit tidak ditambahi 0 didepannya sama seperti bulan

Untuk kodenya, sebagai berikut :

  1. CalendarActivity
  2. activity_calendar
  3. content_calendar

     

Berikut screenshot dari aplikasi :